Monday, June 16, 2014

10 Cara Sederhana Olah Raga Otak

[Blog TKham] Halo sobat Blogger, Olah raga otak sebenarnya sama pentingnya dengan olah raga untuk badan. Olah raga otak dapat memperkuat sistem saraf dan dapat mencegah timbulnya gejala demensia/kepikunan.


Berikut ini adalah Cara-Cara Sederhana Olah Raga Otak (dikutip dari Hermawayne)

1. Membiasakan Melakukan Aktifitas dengan Tangan Kiri maupun Kanan
Coba sobat lakukan jika sobat biasa menggunakan tangan kanan, maka biasakan sobat gunakan dengan tangan kiri atau sebaliknya (kecuali untuk makan dan cebok :D). Contohnya saat sobat menggunakan mouse, keyboard, saat sikat gigi, dan menulis. 
Menurut Franklin Istitute, jenis latihan seperti ini dapat memperkuat dan bahkan membentuk saraf yang baru.

2. Membiasakan untuk Membaca
Kebiasaan membaca buku-buku, baik bacaan ringan seperti komik maupun majalah dapat menghindari ketegangan otot-otot otak dan melenturkannya. Menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeaf, membaca dapat membantu untuk membangun 'cadangan cognitif' untuk menunda dan melindungi dari gejala demensia.

3. Bermain Puzzle maupun Teka-teki Silang
Teka-teki silang atau TTS, Rubik, Puzzle, Sudoku, atau jenis permainan puzzle lainnya dapat melatih otak khususnya otak kiri. 

4. Bermain Game Strategi
Permainan strategi seperti permainan catur, monopoli, ular tangga, dan game strategi komputer lainnya akan menggunakan otak kanan dan melatihnya agar dapat membantu sobat agar lebih berfikir kreatif.

5. Mengubah Rutinitas
Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas sehari-hari dengan rutinitas yang tidak biasa dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan ini bisa sobat lakukan dengan banyak cara, misalnya mandi dengan mata tertutup atau menghindari kebiasaan merokok.

6. Mempelajari Bahasa Asing
Dengan belajar bahasa asing, maka sobat akan mengaktifkan bagian otak sobat yang belum sempat digunakan sejak sobat belajar satu bahasa. Sebuah Studi di York University di Toronto, menemukan bahwa dengan mempelajari bahasa baru, suplai darah ke saraf otak meringkat.

7. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik terutama musik klasik dapat merilekskan fungsi otak dan meningkatkan gelombang alpha otak. Para ahli banyak yang merekomendasikan menggunakan dua indra sekaligus, contohnya bermain musik dan mencium bunga secara bersamaan.

8. Latihan Fisik
Latihan fisik atau olah raga badan dapat memperlancar suplai darah yang masuk ke otak. Menurut studi Stanford Center on Longevity dan The Max Planck Institute for Human Development, olah raga fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran, dan memori.

9. Hidup Bersosial dan Berorganisasi
Otak dapat dilatih dengan cara menjalani kehidupan sosial sobat, misalnya dengan berkunjung ke rumah teman, atau belajar dan berkomunikasi bersama dengan teman. Menurut studi oleh Dr. David Bennett dari Rush University Medical Center, memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Melatih Otak dengan Hobi Baru
Tantang otak sobat dengan melatihnya dengan hobi baru. Misalnya, jika sobat bukan seorang seniman, maka cobalah untuk melukis atau memahat. Jika sobat bisa bermain piano, maka cobalah untuk bermain gitas atau drum. Temukan sesuatu yang baru untuk menjaga otak agar tidak bosan dan tetap aktif.

Sekian posting kali ini dari saya, terima kasi telah berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat.

1 comments: